Amazing India

Hai. kali ini gue balik lagi, setelah hiatus hampir empat bulan. *bow*
bagaimana kabar semuanya? gue harap baik baik saja. sorry ya, owner blog ini tiba tiba menghilang saja seperti ditelan bumi. padahal gue masih ada sih sebenernya, cuma akhir akhir ini gue lebih sering ditelen buku pelajaran. jadi gak bisa ngepost apa apa selama empat bulan ini. hehehehe

Oke. kali ini gue balik dengan posting tentang travel. have you been to India? Nah! kali ini gue mau mengangkat india sebagai tema postingan gue. siapa yang pernah ke india? tentunya gue juga belom pernah ke India. cuma, gue penasaran aja. selama ini orang orang gak mau ke India karena gosip nya, orang orang India itu bau? bener gak sih gitu? terus ada lagi yang bilang kalo India itu kotanya jorok, seriusan nih? India itu sebenarnya sempat terkenal pas taun 2000-an awal. saat Lagu dan perfilm-an India lagi maju majunya. terus, gimana bentuk negara India sekarang? nah, maka dari itu, gue disini akan mengupas habis negara penghasil film terbanyak di dunia ini. India.


India
Negara ini beribu kota di New Delhi tetapi memiliki kota terbesar, yaitu Mumbay dan memakai Rupee sebagai alat pembayaran yang sah. Lagu kebangsaannya bernama Jana Gana Mana. Bahasa yang digunakan adalah India, Inggris, dan 21 bahasa lainnya. Saat ini, India di kepalai oleh sorang presiden yang bernama Pratibha Patil dan wakilnya Mohammad Hamid Ansari kepala pemerintahannya adalah  Manmohan Singh. Negara ini sebelumnya adalah negara bekas jajahan Inggris sebelum meraih kemerdekaannya pada 1947.

Bendera India


Lambang Negara India

Merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia yaitu satu miliyar jiwa, dan merupakan negara terbesar ke tujuh di dunia berdasarkan wilayah geografis. Pertumbuhan penduduk di India mengalami kemajuan pesat sejak tahun 1980. India juga menjadi urutan ke empat negara dengan laju pertumbuhan ekonomi terbesar, diukur dari segi paritas daya beli (PPP). Negara ini menganut sistem ekonomi liberal dengan kekuatan militer (yang juga) terbesar di dunia. setelah di liahat ternyata India merupakan negara yang lebih maju, bahkan lebih maju dibanding Indonesia. dengan jumlah penduduk yang banyak, India bahkan dikatakan sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. 


GDP Negara Asia
Dari bagan diatas dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan GDP negara India hampir menyamai RRC (Republik Rakyat China) dan Negara Indonesia tertinggal dibawahnya. dengan adanya fakta ini, kita tidak bisa lagi menyimpulkan bahwa India adalah negara yang miskin dan tertinggal. Bahkan pemerintah kita lah yang seharusnya belajar dari India. Dengan jumlah penduduknya (yang kelewat sangat) banyak, Negara ini mampu menghasilkan GDP yang besar. bahkan dapat menyamai China. 


India adalah negara pusat peradaban dunia.
Setiap orang pasti pernah belajar sejarah. Sejarah membuktikan bahwa India merupakan pusat peradaban dunia. misalnya saja lahirnya empat agama dunia, yaitu Hindu, Buddha, Jainisme, dan Sikhisme. Selain itu, dikatakan pula, adanya Peradaban suku Mohenjo daro dan Harappa yang berada di lembah sungai Indus dan gangga yang dahulu terkenal akan kemakmurannya. Peradaban ini sudah dikenal akan kemajuannya, dengan dibentuknya distrik distrik kota dan teknik pembuatan rumahnya yang sudah maju.
Peradaban Lembah Sungai Indus
Geografi dan cuaca
Seluruh negara-negara bagian India di utara dan timur laut dibentuk oleh Banjaran Himalaya. Wilayah lainnya terdiri dari hamparan Indo-Gangetik yang subur. Di sebelah barat yang berbataskan Pakistan tenggara terdapat Gurun Thar. Semenanjung India di selatan hampir seluruhnya merupakan bagian dari hamparan Dekan (Deccan). Di kedua sisi hamparan ini terdapat dua banjaran pesisir yang berbukit-bukit, Ghats Barat dan Ghats Timur.
India memiliki beberapa sungai besar seperti Sungai Gangga, Brahmaputra, Yamuna, Godavari, dan Krishna. Sungai-sungai tersebutlah yang menyebabkan suburnya hamparan-hamparan di sebelah utara India sehingga cocok untuk ditanam.
Cuaca India beragam, dari cuaca tropis di selatan hingga ke cuaca menengah di utara. Sebagian dari India yang terletak di pegunungan Himalaya memiliki cuaca tundra. India memperolehi hujannya dari monsun.
Sungai Gangga
Sungai Brahmaputra
Gurun Thar
Pegunungan Himalaya

Negara-negara bagian
 India dibagi kepada 28 negara bagian (yang kemudian dibagi kepada distrik), enam Wilayah Persatuan (Union Territory) dan Wilayah Ibu Kota Nasional (National Capital Territory) Delhi. Negara-negara bagian memiliki pemerintah yang dilantik sendiri, sementara Wilayah-wilayah Persatuan diperintah seorang pengurus yang dilantik pemerintah persatuan (union government), meski beberapa di antaranya memiliki pemerintah yang dilantik.
Negara bagian dan wilayah India:
  1. Andhra Pradesh
  2. Arunachal Pradesh
  3. Assam
  4. Bihar
  5. Chhattisgarh
  6. Goa
  7. Gujarat
  8. Haryana
  9. Himachal Pradesh
  10. Jammu dan Kashmir
  11. Jharkhand
  12. Karnataka
  13. Kerala
  14. Madhya Pradesh
  1. Maharashtra
  2. Manipur
  3. Meghalaya
  4. Mizoram
  5. Nagaland
  6. Orissa
  7. Punjab
  8. Rajasthan
  9. Sikkim
  10. Tamil Nadu
  11. Tripura
  12. Uttaranchal
  13. Uttar Pradesh
  14. Bengal Barat

Wilayah Persatuan
  1. Kepulauan Andaman dan Nicobar
  2. Chandigarh
  3. Dadra dan Nagar Haveli
  4. Daman dan Diu
  5. Lakshadweep
  6. Pondicherry
Wilayah Ibu Kota Nasional:
  1. Delhi


Sang Ibu Kota, Delhi

New Delhi (bahasa Hindi: नई दिल्ली, bahasa Punjabi: ਨਵੀਂ ਦਿੱਲੀ) adalah ibu kota dari India, dan bagian dari Wilayah Ibu Kota Nasional Delhi. Ia merupakan tempat pemerintahan liberal demokrasi terbesar di dunia. New Delhi adalah metropolis terbesar ketiga di India. Awal pendiriannya sebagai ibu kota dari India Britania. Penduduknya berjumlah 10 Juta jiwa.
New Delhi adalah kota yang mudah dijelajahi karena jalan-jalanya dirancang dengan cermat sebelum pembangunan gedung dimulai pada tahun 1903. Jalan raya utamanya adalah Raj Path.

Jika melihat kera, anjing, dan sapi berkeliaran di jalan, berarti Anda sedang berada di Delhi. Terlepas dari gangguan tersebut, kota ini memiliki kebudayaan yang kaya, sejarah yang mengagumkan, dan arsitektur yang sangat menarik. Kuil dan bangunan peninggalan dinasti Moghul menghiasi jalan-jalan padat yang dapat ditelusuri dengan becak bermotor atau mobil sewaan yang disertai pengemudi. Toko-toko murah bertebaran, terutama di Chandni Chowk, dan sejumlah restoran menyediakan menu vegetarian. Objek wisata di kota ini antara lain adalah Menara Qutab yang menjulang, Lal Qila (Benteng Merah) yang termasuk salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO, dan Masjid Jumat yang besar. 


Seperti dikutip dari pernyataan Trinity dalam bukunya Naked Traveller 3, Saat pertama kali menginjakan kaki ke Delhi, Bandara India memberikan kesan baik baginya. Bandara yang bersih dan cenderung modern. bahkan lebih modern dibanding Soekarno-Hatta katanya. 


Delhi Airport
Setelah itu, traveller ini pun melanjutkan perjalannya ke pusat kota. Perempuan ini pun kagum dengan jalan rayanya yang luas, teduh dengan pepohonan, dan juga bersih.

Jalanan Delhi malam hari
 Setelah ia berkeliling ke lima provinsi di Utara, Barat, dan Selatan ia tidak merasakan keparahan yang amat sangat. walaupun negara ini tidak modern dan jarang ada gedung pencakar langit tetapi untuk soal kebersihan hanya didaerah pasar saja yang bisa dikatan jorok dimana manusia, sapi, dan kendaraan bersatu dan berdesak desakkan. intinya, diluar pasar semuanya terasa fine fine saja. bahkan ia bisa menghabiskan waktu di taman umum sambil tidur tiduran dan baca buku.
Delhi Park
ada kesamaan yang dimiliki oleh Delhi dan Jakarta. Kedua negara ini sama sama belum mampu mengatasi gelandangan dan peminta minta. seperti halnya di Stasiun KA kota Delhi. mulai dari parkiran, lobi, dan lantai ke arah peron penuh dengan orang orang yang tidur di lantai entah mereka homeless atau bukan. yang jelas, saat siang hari sudah tidak ada lagi orang yang tidur di pinggiran stasiun. 
Stasiun KA Delhi
 Trinity dalam ceritanya juga mengatakan bahwa ia sama sekali tidak merasakan bau saat di India. Saat ia berdesak desakkan di metro, bus, maupun kereta api di India ia sama sekali tidak membaui apapun. Orang India pun tidak bisa dikatakan jorok. pada saat memasuki toilet di delhi, penulis berkata bahwa toiletnya pun masih bearable, termasuk toilet umum di stasiun bus dan KA sekalipun. memang sebagian besar bentuknya toilet jongkok. tetapi selalu berpintu,  ada air dan ada gayung ataupun semprotan dan tidak pernah menemukan kotoran apapun didalamnya. intinya bersih sih sih. 
Selain itu, walaupun dikatakan bahwa India adalah negara yang kuno dan jarang gedung tinggi, di daerah Delhi yang tentunya merupakan Ibu kota India ini, segala sesuatunya sudah menjadi lebih modern. salah satunya bangunan. didaerah ini masih mudah dijumpai gedung gedung tinggi yang modern. (mungkin karena adanya teori yang mengatakan kalau ibu kota itu adalah sarang masuknya globalisasi kali ya?)
Gedung Parlemen
Delhi Mall

Kota Mumbay
Mumbai (bahasa Marathi: मुंबई, dahulu dikenal dengan nama Bombay) adalah ibukota negara bagian Maharashtra dan dengan populasi sebesar 21 juta jiwa adalah kota dengan penduduk terbanyak di India. Kota ini terletak di Pulau Salsette, lepas pantai barat Maharashtra. Bersama kota-kota pinggirannya, Mumbai menjadi area metropolitan terbesar keempat di dunia dengan populasi melebihi 20 juta jiwa.
Mumbai adalah pusat perdagangan dan hiburan di India, menjadi lokasi berbagai badan-badan keuangan penting. Kota ini menarik imigran karena memiliki peluang bisnis yang besar dan taraf hidup yang tinggi. Bollywood, pusat perfilman India, juga terletak di kota ini.

Bollywood Sign
 Seperti yang kita tahu, Perfilm-an India pada tahun 2000-an sempat booming. pada saat itu banyak stasiun tv yang berlomba lomba menayangkan drama hollywood. inget banget, dulu artis yang paling di puja puja perempuan pada tahun 2000 an itu adalah shahrukh khan. lalu, kejayaan film Bollywood sempat mengalami kemunduran. dan kemudian pada awal awal tahun 2008 -an sampai sekarang  kembali naik popularitasnya lewat beberapa film diantaranya three idiots, slumdog millionaire, dan My Name is Khan. Film My Name is Khan yang disutradarai oleh Karan Johar ini sempat booming dan ditonton oleh banyak orang dibeberapa negara salah satunya Indonesia. selain itu, ada pula Slumdog Millionaire yang sempat meraih empat penghargaan di Golden Globes Award dan delapan piala Oscar. Film yang diperankan oleh Dave Patel dan Freida Pinto ini juga sempat booming  dan ditayangkan dibeberapa negara termasuk Indonesia dan Britania (Inggris). Film ini menyuguhkan latar kumuh daerah mumbay yang pada saat slumdog millionaire booming, daerah ini pun menjadi terkenal. bahkan ada beberapa perusahaan travel yang memasukkan komplek Slum ini sebagai destinasi wisata dengan hanya membayar Rp 90.000 rupiah. 

Komplek Slum


Karena India dahulunya adalah bekas jajahan Britania Raya, maka tak heran kalau sampai saat ini corak khas barat didaerah mumbai masih bertahan dan menjadi ciri khas kota ini.
Taj Mahal Hotel
Mumbai City
Mumbai University
Makanan Khas India
Agama dan kebudayaan India berperan besar dalam perkembangan seni kuliner India. Walaupun demikian, interaksi antarbudaya dengan kawasan yang bertetangga seperti Timur Tengah, Asia Tengah, dan Laut Tengah menjadikan masakan India sebagai percampuran unik dari berbagai masakan Asia. Dominasi perdagangan rempah antara India dan Eropa oleh pedagang Arab menyebabkan Vasco da Gama dan Christopher Columbus berusaha menemukan rute pelayaran baru ke India, dan mengawali zaman penjelajahan di Eropa. Orang Eropa pada masa kolonial India memperkenalkan teknik memasak Eropa (terutama dari Inggris dan Perancis) kepada orang India, dan menambah keanekaragaman masakan India. Masakan India juga memengaruhi masakan negara-negara di lain di dunia, terutama masakan Asia Tenggara, khususnya dalam pemakaian rempah-rempah untuk membuat hidangan serupa kari dalam Thailand, Malaysia, dan Indonesia.

Hidangan lengkap orang India terdiri dari nasi putih atau beraneka jenis roti (naan, puri, roti) dan kari sayuran (sabzi). Daging ternak atau makanan laut tidak dianggap sebagai hidangan utama, termasuk oleh nonvegetarian. Dalam masakan India, selain sebagai hidangan utama, sayuran dimasak sebagai hidangan pembuka, makanan ringan, acar, dan hidangan penutup. Rempah-rempah yang sering dipakai dalam masakan India adalah cabai (mirch), biji sesawi hitam (rai), jintan putih (jeera), kunyit (haldi, manjal), klabet (methi), asafetida (hing, perungayam), jahe (adrak, inji), kayu manis (dalchini), ketumbar (dhania), bawang putih (lassan, poondu), dan ajwain (terutama di Gujarat dan Punjab). Masakan India juga memakai berbagai daun herba, misalnya, tejpat (daun cassia), daun ketumbar, daun klabet, dan daun mint (podina). Bumbu atau penyedap lain yang sering digunakan adalah pala (jaiphal), bubuk mangga (amchur), kuma-kuma (kesari), bubuk paprika merah (deghi mirch), dan air mawar. Daun salam koja (kari patta) hampir selalu digunakan dalam masakan India Selatan.

Masala Dosa dari India Selatan

Destinasi Tujuan Wisata India

Bangalore
Dikenal sebagai “Kota Taman” dan “Lembah Silikon India”, Bangalore (nama resmi “Bengaluru) adalah surga teknologi, yang memiliki perusahaan TI terbanyak di negara ini. Setelah puas dengan dunia teknologi, disana juga dapat dijumpai taman, museum, bentang alam, istana, dan kuil yang banyak terdapat di kota ini. Selain itu ada Vidhana Soudha, Taman Cubbon, dan Danau Ulsoor Bangalore, yang populer karena pemandangannya yang indah dan fasilitas perahunya. Bangalore juga menjadi pusat tarian dan musik klasik India, serta kehidupan malam yang modern dan meriah.
Vidhana Soudha
Ulsoor Lake
New Delhi
Qutab Minar
Humayun's Tomb
Amritsar (wilayah Bagian India) 


Golden Temple
Agra (wilayah bagian India)
Di Kota ini terdapat Taj Mahal yang di bangun oleh Kaisar Mughal, Shah Jahan, yang berduka karena kematian istrinya, Mumtaz Mahal, istana Taj Mahal memiliki keindahan tak ada duanya yang menggambarkan alasan mengapa bangunan ini dianggap sebagai salah satu dari delapan keajaiban dunia. Kunjungan ke India tidak akan lengkap tanpa mengunjungi bangunan ini. selain itu, destinasi lain di Agra, yakni Benteng Merah dari batu pasir dan Fatehpur Sikri, yang keduanya menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO.
Taj Mahal
 Fatehpur Sikri
Benteng Merah
 Varansi (wilayah Bagian India)


Kesimpulan: India merupakan negara yang berkembang dengan cepat (bahkan melebihi Indonesia). terbukti dari perkataan Trinity yang dikutip dari novelnya, Naked Traveller bahwa India adalah Negara yang fine dan baik, tidak ada bau yang selama ini digosipkan oleh semua orang. India pun memiliki banyak sekali daya tarik wisata, mulai dari perfilm-annya hingga destinasi wisata sejarahnya. jadi... tunggu apa lagi? just bring your luguage and passport and let's explore India!

Comments

Popular Posts