Republic of Palau

Bendera Palau (www.wikipedia.com)

Palau from bird eye view (www.pristineparadisepalau.com)

Republik Palau (juga dieja sebagai Belau) adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik, 200 km sebelah utara Papua Barat, 255 km sebelah timur Maluku Utara, 500 km sebelah timur Sulawesi Utara dan 500 km sebelah timur Filipina. Negara ini merdeka pada tahun 1994 dariWilayah Perwalian Kepulauan Pasifik yang diperintah Amerika Serikat. Palau terdiri dari 8 pulau utama dan sedikitnya 250 pulau kecil.Palau beribukota di Koror. Karena bekas jajahan Amerika Serikat, maka palau memiliki 2 bahasa resmi yaitu bahasa Palau itu sendiri dan tentunya bahasa Inggris. memiliki bentuk pemerintahan republik dengan Presiden yang bernama Johnson Toribiong dan wakilnya Kerai Mariur. Meskipun telah merdeka dari U.S, Republik Palau tetap menggunakan Dollar sebagai mata uang resminya.




SISTEM PEMERINTAHAN

Palau memiliki pemerintahan konstitusional dalam asosiasi bebas dengan Amerika Serikat. Compact of Free Association telah dimasukkan ke dalam dengan Amerika Serikat pada tanggal 1 Oktober 1994, juga menandai kemerdekaan Palau.
Palau memiliki tiga cabang pemerintahan. Presiden secara langsung terpilih dan melayani jangka empat tahun. Presiden dan Wakil Presiden berjalan di tiket terpisah. Dewan Kepala, terdiri dari para kepala tradisional tertinggi dari setiap negara, yang bertindak sebagai penasehat kepada Presiden pada hukum adat dan adat istiadat.
Cabang legislatif, Olbiil Era Kelulau (Palau Kongres Nasional), terdiri dari dua kamar, Senat dan House of Delegates. Semua legislator melayani dengan jangka waktu empat tahun.
Sistem peradilan terdiri dari Mahkamah Agung, Pengadilan Pleas Umum, dan Pengadilan Land. Mahkamah Agung memiliki divisi percobaan dan banding dan dipimpin oleh Ketua. Hakim diangkat untuk istilah kehidupan oleh Presiden dengan persetujuan dari Palau Kongres Nasional.
Setiap dari 16 Bagian negara juga memilih gubernur sendiri dan legislatif.




Government Office of Palau (en.wikipedia.org)

President of Palau (www.palaugov.pw)





PEMBAGIAN WILAYAH

Palau memiliki 16 wilayah bagian, yaitu:
  • Aimeliik
  • Airai
  • Angaur
  • Hatohobei
  • Kayangel
  • Koror
  • Melekeok
  • Ngaraard
  • Ngarchelong
  • Ngardmau
  • Ngatpang
  • Ngchesar
  • Ngeremlengui
  • Ngiwal
  • Peleliu
  • Sonsorol



TRANSPORTASI

Transportasi dari bandara Palau international Airport terdapat direct flights ke Guam dan Manila. Di negara ini tidak ada kereta api dan hampir setengah dari panjang keseluruhan panjang jalan di Palau belum di aspal ,aturan mengemudi yaitu setir kanan dan speed limitnya hanya 40 km/h (25 mph). Selain itu, untuk berjalan jalan di Palau disediakan 2 pilihan kendaraan, mobil sewaan dan taksi. Taksi di Palau pun tidak ada yang memiliki argo tetap. Biasanya para supir taksi akan memperlihatkan semacam kartu kunjungan kepada anda yang ingin berlibur kesana sebelum menggunakan jasanya. jika ingin perjalanan yang nyaman maka mobil sewaan menjadi alternatif selanjutnya.



SUMBER EKONOMI DAN PENDAPATAN

perkiraan GDP: $164.3 juta
GDP per kapita: $8,122
U.S. per capita GDP: $45,800
Bantuan luar negeri: $51 million
Bantuan luar negeri sebagai  GDP (dalam %): 31.0%
Bantuan luar negeri sebagai anggaran belanja pemerintah (dalam %): 51.3%
Tourism
Jumlah pengunjung: 102,723 (2007)
Pengunjung Taiwan: 31,118
Pengunjung Korea: 14,330
Pengunjung Amerika: 8,435
Pengunjung lainnya: 14,833
Pengunjung Philipina: 4,445
Layanan
Layanan Pemerintah
Grosir dan perdagangan
Hotel dan restaurant
Layanan rekreasi dan turism
Layanan lainnya



KOROR


Koror adalah ibukota negara Palau, salah satu negara Pasifik. Terdiri dari beberapa pulau, Koror menjadi rumah dari 90% penduduk Palau. Sebagian besar Kota Koror berada di Pulau Koror atau Pulau Oreor. Kota ini dihubungkan dengan beberapa jembatan dengan kota lainnya.
Koror sebagai ibukota memiliki pemandangan laut yang luar biasa indah. Sebuah lentera batu yang merupakan satu-satunya simbol agama Shinto Shrine di luar Jepang mengingatkan bahwa Jepang pernah hadir di pulau ini selama Perang Pasifik. Terdapat Museum Nasional yang didirikan pada 1955 yang memperlihatkan harta karun Palau. Masyarakat disini sangat bersahabat, hangat, ramah dan murah hati. Meskipun terlihat lebih Amerika dibanding orang Mikronesia lainnya, mereka terus memegang teguh kebudayaan matrilineal mereka yang sudah tua.




Kota Koror (commons.wikimedia.org)
Kota Koror (commons.wikimedia.org)



DESTINASI WISATA

Palau dikenal sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Bawah Air Dunia. Jika hobi diving, jangan lupa mengunjungi Pulau Mecherchar. Di pulau ini terdapat Danau Ikan Selai yang merupakan danau berair payau.  Danau ini merupakan rumah dari  ribuan ubur-ubur yang telah bermutasi dari ubur-ubur laut yang menyengat ke ubur-ubur air payau tanpa sengat. Snorkelling bersama ribuan ubur-ubur ini merupakan pengalaman yang tak terlupakan.
Menyelam di danau ini, para turis akan dibawa ke banyak terowongan bawah laut lengkap dengan pemandangan stakaktit-nya yang indah. Untuk trekking, pemandu local akan mengajak para turis ke lokasi air terjun dan ke puncak tertinggi Palau yaitu Gunung Ngerchelechuus (713 kaki). Di sini para turis bisa menemukan 70 spesies anggrek serta kehidupan liar yang mempesona.
Selain itu adapula tur ke Desa Babeldaob, di mana para turis bisa melihat beberapa tempat bersejarah dan kebudayaan masyarakat setempat. Tidak ada tempat menginap di desa ini, tapi  para turis bisa menginap di rumah salah satu keluarga di sini. Tidak ada tarif yang diberlakukan bila bermalam di rumah penduduk setempat, cukup membawa hadiah seperti kopi, roti daging kalengan atau rokok untuk diberikan kepada keluarga yang rumahnya anda inapi. ada satu hal penting yang harus diingat selama di Palau, yaitu jangan lupa melepas sepatu atau alas kaki sebelum memasuki rumah penduduk, ini adalah adat yang berlaku di sini.


1. Ngardmau Falls

Air terjun ini terletak di Badeldoab yang merupakan salah satu pulau terbesar di Palau, sekitar 30 menit berkendara dari Palau. Kebanyakan tour menawarkan tour sehari yang mengikut sertakan Air terjun Ngardmau di iterenarinya disamping wisata ke Badeldoab (seperti batu monolit, tempat senjata bekas perang dunia ke II, kehidupan penduduk lokal, dan balai kota). Ketika memutuskan untuk menjelajahi Ngardmau, sebaiknya para turis meluangkan waktu dan stamina yang banyak. untuk masuk kedalam wisata ini para turis harus merogoh kocek sebesar 5 Dollar (cukup mahal bagi tempat wisata seperti air terjun ya..) setelah itu, mendaki selama 30 menit untuk sampai ke air terjunnya. tanjakannya yang berbukit bukit, membuat destinasi wisata ini tidak cocok bagi anak kecil dan orang yang sudah tua.

Ngardmau Waterfalls


2. Milky Way 

Merupakan salah satu iterenari perjalanan turis apabila mengunjungi Palau, Milky way merupakan sebuah pantai yang dikelilingi oleh pulau yang berbukit. Uniknya,  Milky Way ini memiliki air laut yang berwana biru muda dan dibawahnya terdapat lumpur yang berwarna putih. Banyak turis yang percaya kalau mengoleskan lumpur itu ketubuh, maka akan terlihat 10 tahun lebih muda. sayangnya, di Milky way ini belum sepenuhnya aman karena masih ada buaya (walaupun buaya kecil sih..) yang masih bermain dikawasan ini. jadi hati hatilah.






Milky way Lagoon (www.asherworldturns.com)



3. Fish n Fins' Diving Club

Merupakan salah satu layanan diving terbaik di palau.Para petugas yang professional lagi ramah akan menuntun para turis untuk menyelami keindahan bawah laut Palau yang spektakuler. 


Hotel Fish n Fins' Diving (www.diversetravel.co.uk)



Underwater (www.fishnfins.com)




4. Jellyfish Lake 

Danau ubur ubur (dalah bahasa palau: Ongeim'l Tketau atau "Danau kelima") aalah danau laut yang terletak di pulau Eil Malk, Palau. Eil Malk adalah bagian dari kepulauan rock, merupakan pulau tak berpenghuni. daerah ini terletak antara Koror dan Peleliu. ada sekitar 70 danau laut diseluruh kepulauan rock, nah Jellyfish ini adalah salah satu danau laut yang paling terkenal. danau ini berisi jutaan ubur ubur yang bermigrasi setiap hari.Danau ubur ubur ini terhubung ke laut melalui celah dan terowongan kapur di karang Miosen Kuno. Danau ubur ubur ini kondisinya cukup terisolasi dan keragaman spesies di danau ini pun kurang dari laguna didekatnya. 






Location of Jellyfish Lake (en.wikipedia.org)










Comments

Popular Posts