Trip to Padang (part 1)

" Selamat Pagi para penumpang yang terhormat. saat ini saya, selaku kapten maskapai batavia air akan mengajak anda mengarungi selat sunda. terus ke Lampung, Palembang, dan Jambi. Terakhir kita akan mendarat di Bandar Udara Internasional Minang Kabau. Kami akan terbang diketinggian 9000 kaki dari atas permukaan laut. terimakasih telah terbang bersama kami dan selamat menikmati perjalanan anda."

Day One, Jakarta Padang (March, 10 2012 ; 04.00 A.M)
jam empat pagi gue udah dibangunin oleh suara gaduh dari lantai bawah rumah gue "$$&$@@#*" sumpah asli. gak pake boong, pagi itu berisik banget. terpaksa gue bangun karena nyokap pun udah neriakkin nama gue. buru buru mandi dan abis itu cau ke sekolah adek gue dan terakhir ke bandara. bayangkan sodara sodara, pesawat take off jam 7 pagi. sedangkan rumah gue ada dibelantara hutan nun jauh banget bangetan dari bandara. it takes 2 hours bro and sis. siapa juga yang mau bangun jam empat pagi, setelah sebelumnya lo hanya bisa tidur tiga jam? jadi intinya pagi itu ribet banget. setelah siap semuanya, tanpa merasa ada yang ketinggalan, gue, bokap dan nyokap berangkat ke sekolah adek gue yang letaknya di depan komplek dianter supir pribadi keluarga gue.

gue pikir keribetan hanya sebatas sampe rumah doang, ternyata ribetnya dibawa sampe ke sekolah adek gue. dengan lari lari, nyokap nanya sama semua orang yang bisa ditanyain tentang letak kelas adek gue. *berhubung adek gue lagi perjusa tapi entahlah, yang namanya perjusa seharusnya kemah didalem tenda bukan dikelas kayak adek gue gini-_-* buru buru ngambil barang barang adek gue dan jemput dia dimasjid sekolah. pas sampe sana ternyata adek gue abis selesai solat tahajjud dan lagi berdoa sama tuhan. dramatis abis. akhirnya, acara jemput menjemput selesai. kita sekeluarga caw ke Bandara.

Rencananya, yang pergi itu cuma gue sama adek dan nyokap gue. tapi pas pagi pagi bokap ikut dengan baju rapih dan jaket kantornya. oke gue pikir dia cuma mau nganterin abis itu langsung cabut ngantor. tapi, pas sampe bandara bokap ikut turun dan menurunkan beberapa koper. oke kali ini gue beranggapan bokap bantuin nurunin koper *tapi koper yang diturunin lebih banyak dari pada orang yang naik. total ada 4 koper. sedangkan penumpang cuma (awalnya) ada 3* dan mau say goodbye dulu sama anak anaknya sebelum berangkat. keanehan muncul lagi pas supir gue salim sama bokap. pas gue liatin dia cuma bilang: "saya mau cari parkir dulu ya teh" oke, gue percaya. supir gue emang cocok tampil di cinta fitri. nyokap gue udah masuk duluan kedalem bandara buat check in. terus gak lama, bokap minta buat jagain barang barang, karena bokap mau ke kantor batavia. oke, gue gak ada feeling apa apa. pas bokap balik dia ngedorong koper dan masuk kedalam bandara. disini gue makin curiga. mana bisa masuk kedalem bandara tanpa tiket pesawat? gue diem aja tuh. ngikutin bokap. gak lama dia datengin loket check in nya batavia. dan gue disuruh nunggu, jadilah gue sama adek gue kayak kucing sekarat didalem bandara. dalam keadaan ngantuk dan nungguin koper segala pula. gak lama bokap balik, dan nanya nyokap gue dimana. eng ing eng ternyata nyokap balik lagi keluar bandara buat jemput gue dan adek gue. nah disini makin jelas nih. bokap ngikut ke Padang bareng kita. setelah main kucing kucingan sama nyokap akhirnya kita ketemu didepan loket airport tax. nyokap sama bingungnya sama gue. pas sampe di lounge bokap baru cerita
"iya, papa kan mau buat kejutan. kalo papa gak ada kalian mau ngapain di Padang? kan gak bisa jalan jalan" ini romantis abis. tipe om om ideal. tipe bapak masa depan. abis itu nyokap gue terharu dan gue beserta adek gue ketawa. oke, skip bagian di pesawat.

Taraaaa, jam 9 gue sampe di Padang dalam keadaan sehat walafiat. dijemput sama om gue, dan langsung capcus cari makan. gue gak merhatiin nama warung makannya. tapi yang jelas, itu warung makan terkenal abis. dia ngejual soto padang. cuma buka dipagi hari, karena malemnya tutup. yang punya rada india arab gitu. pas gue kesana, ngantri panjang banget. tapi terbayar sih sama rasa sotonya, apalagi harganya murah.

Perjalanan sebentar, sekitar setengah jam, gue udah nyampe dirumah nenek gue. di daerah parak karakah,

Parak Karakah

nah, gue main disana sampe sekitar jam 4. karena setelahnya, udah banyak orang ngumpul buat bikin pelaminan pernikahan tante gue. oke, alesan gue dateng ke Padang selain mengisi liburan satu minggu, gue juga menghadiri acara kawinan tante gue. Karena rumah gak cukup, maka gue dan adek serta bokap nginep di Rocky Hotel padang. Hotel ini bagus banget menurut gue, kerusakan akibat gempa beberapa tahun lalu gak begitu berbekas di gedungnya. disamping hotel ini, ada plaza yang nyatu sama bangunan. jadi bagi kalian yang bingung mau nginep dimana, rocky hotel plaza bisa jadi pilihannya.

Rocky Plaza
Waktu udah menunjukkan jam 5 sore. Udah istirahat, udah mandi, akhirnya bokap ngajakin kita ke pantai padang. waktu itu,cuacanya lagi cerah banget. dan pantai padang lagi bagus bagusnya. asiknya, kalo kesini itu malem malem karena suasananya lebih hidup didukung sama lampu lampu restoran dan hotel serta warung pinggir jalan. banyak pilihan makanan yang ada disini, kalau gak mau yang mahal ya, pilih tenda pinggir jalan. lumayan, suasana pantainya kerasa banget. karena didepan warung tenda langsung menghadap ke laut. kalau restoran juga ada disini dan beragam. sayangnya, jumlah restaurannya gak sebanyak dulu, karena hancur akibat gempa, dan daerah ini rawan tsunami. tapi tenang aja kok, disana udah disediain jalur evakuasi dini tsunami beserta petanya yang dipasang di jalanan. jadi gak perlu khawatir. Jadi, sore itu gue habiskan di pantai menghirup udara laut yang udah lama gak gue rasain. rasanya berasa naik tornado tujuh kali ditambah naik kicir kicir. *oke ini lebay*

pantai padang

gue di pantai Padang
Abis dari pantai padang, kita mampir dulu ke gramedia *percaya apa nggak, gramedia adalah tempat yang gak pernah absen gue datengin kalo ke padang nyahaha*. Lumayan lama kita disana. abis milih milih buku, kita balik lagi ke hotel buat siap siap kerumah nenek lagi. tapi sebelumnya, kita ke martabak kubang dulu buat ngisi perut. fyi, martabak kubang ini yang paling terkenal di padang. nama restaurannya martabak kubang Hayuda.
Martabak Kubang Hayuda
:matabelo:
Beres makan, kita gak lupa bungkusin buat orang orang dirumah. dan abis itu langsung capcus kerumah nenek. pas nyampe sana, ternyata udah banyak banget orang. yang punya gawe (baca: tante gue) sibuk banget di dapur buat masak untuk acara besok. sedangkan bokap dan nyokap juga udah sibuk, jadilah, gue dan adek gue menyingkir ke rumah belakang sama sodara sodara gue. dari pada mengganggu dan tenaga gue gak dibutuhkan ._.

oke, gue pulang dari rumah nenek jam setengah dua belas malem. dan pas itu, kota padang masih rame banget sama lalu lalang mobil dan warung tenda pinggir jalan. persis sama pas gue kesini bertahun tahun silam sebelum gempa.
Padang malam hari
Kota ini, cepet bangkit. ditandai dengan banyak bangunan baru yang lagi dibagun di sepanjang kota. bangunan bangunannya pun banyak yang berlantai lebih dari 2. itu menandakan kalau kota padang memang ingin segera bangkit. gak mau lama lama terpuruk dengan gempa yang sering melandanya. gempa ini juga yang menjadikan kota padang belajar, bagaimana bentuk sebuah bangunan yang seharusnya dibuat untuk kota ini. dari kota ini pun gue belajar, jangan terlalu lama jatuh, jatuh itu adalah proses belajar. dimana kita harus memperbaiki sehingga menjadi orang yang lebih baik dan berguna.

Doc. photo:  pribadi dan google.com